Asesmen Nasional
Asesmen Kompetensi Minimum ukur literasi dan numerasi. Survei Karakter nilai sikap. Survei Lingkungan Belajar nilai kualitas belajar.
Rapor Pendidikan
Rapor Pendidikan menampilkan hasil asesmen dan survei untuk satuan pendidikan atau daerah, jadi acuan perbaikan kualitas pendidikan.
Pembelajaran Mendalam
Pembelajaran Mendalam (PM) mendorong berpikir kritis, penerapan nyata, dan pembelajaran yang bermakna serta menyenangkan.
Program ini merupakan upaya membangun manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermasyarakat, bernalar Kritis, kreatif, kolaboratif, mandiri, sehat, dan komunikatif diperlukan penyesuaian kurikulum dan pendekatan pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran bermakna, relevan dengan konteks nyata, beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan global, dan keragaman sosial dan budaya. Salah satu kebijakan penyesuaian diantaranya, yaitu penerapan pendekatan pembelajaran mendalam pada kurikulum.
Tes Kemampuan Akademik
Tes Kemampuan Akademik (TKA) adalah tes capaian belajar sesuai standar nasional dengan prinsip jujur, rahasia, dan akuntabel.
Koding dan Kecerdasan Artifisial
Mata pelajaran pilihan Koding dan Kecerdasan Artifisial sebagai upaya dalam merespon transformasi digital dimulai dari kelas 5, 7, dan 10.
Program Koding dan Kecerdasan Artifisial (KA) bertujuan untuk memperkuat arah kebijakan dan implementasi pembelajaran berbasis teknologi digital di Indonesia melalui pengembangan desain, strategi, dan model pembelajaran yang kontekstual. Program ini juga ditujukan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dan calon pengajar, baik dari sisi pengetahuan konten keilmuan, keterampilan teknis, pedagogik, maupun etika dan literasi digital, agar mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Koding dan KA secara efektif di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.
Revitalisasi Satuan Pendidikan